Rabu, 14 Maret 2018

PLANET BUMI BENDA LANGIT YANG PERTAMA DICIPTAKAN OLEH ALLAH SWT

AL QURAN BICARA TENTANG BUMI, LANGIT DAN خَلَقَ PENCIPTAANNYA

PLANET 'BUMI' ADALAH BENDA LANGIT PERTAMA KALI DICIPTAKAN TUHAN, ALLAH SWT

Katakanlah: "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang MENCIPTAKAN BUMI DALAM 2 (MASA)...."

Dan DIA MENCIPTAKAN (PENYEMPURNAAN) DI BUMI ITU (DENGAN) GUNUNG-GUNUNG YANG KOKOH DI ATASNYA. DIA MEMBERKAHINYA dan DIA MENENTUKAN PADANYA KADAR MAKANAN-MAKANAN (UNTUK MAKHLUK-MAKHLUK CIPTAANNYA) DALAM 4 (EMPAT) MASA. (Penjelasan ini adalah sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. [SQS. Fussilat, 41:9-10]

LANGIT DICIPTAKAN SETELAH 'PLANET' BUMI

KEMUDIAN (SETELAH PENCIPTAAN BUMI BARU) DIA MENUJU KEPADA PENCIPTAAN 'LANGIT' DAN LANGIT ITU MASIH MERUPAKAN 'ASAP', LALU DIA BERKATA KEPADANYA (LANGIT) DAN KEPADA 'BUMI': DATANGLAH KAMU KEDUANYA (LANGIT DAN BUMI) MENURUT PERINTAH-KU DENGAN 'SUKA HATI ATAU TERPAKSA". KEDUANYA (LANGIT DAN BUMI) MENJAWAB: "KAMI DATANG DENGAN SUKA HATI (TIDAK TERPAKSA)".

Maka DIA (UNTUK LANGIT ITU SENDIRI) MENJADIKANNYA 7 (TUJUH) LANGIT DALAM 2 (DUA) MASA. DIA MEWAHYUKAN PADA TIAP-TIAP LANGIT (YANG TUJUH LAPIS ITU) URUSAN (PERAN)NYA. Dan (lalu) KAMI HIASI (PULA) LANGIT-LANGIT DENGAN (GUGUSAN) BINTANG-BINTANG (a.l. GALAKSI) YANG CEMERLANG dan KAMI (JUGA) YANG MEMELIHARA (DENGAN SUNATULLAH atau HUKUM ALAM DI ANTARIKSA) DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui [SQS. Fussilat, 41:11-12 simak keindahan fenomena kerajaan langit pada QS. 17:1 sbb.]

Maha Suci Allah, yang telah MEMPERJALANKAN (menjelajah ke KERAJAAN ANTARIKSA) HAMBA-NYA (MUHAMMAD) PADA SUATU 'MALAM' dari AL MASJIDIL HARAM KE AL MASJIDIL AQSHA (di Sidratul Muntaha) yang telah KAMI BERKAHI SEKELILING (kerajaan langit)nya agar KAMI PERLIHATKAN KEPADANYA SEBAGIAN DARI TANDA-TANDA (KEBESARAN) KAMI. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (SQS. Al-Israa', 17:1)

LANGIT DAN SEISINYA نَطْوِى السَّمَآءَ DIGULUNG=TEORI BIG BANG?

'..... "Inilah harimu yang telah dijanjikan kepadamu".

(Yaitu) PADA HARI KAMI نَطْوِى السَّمَآءَ 'GULUNG' LANGIT SEBAGAI MENGGULUNG LEMBARAN-LEMABARAN KERTAS. SEBAGAIMANA KAMI 'TELAH' MEMULAI PENCIPTAAN 'PERTAMA' BEGITULAH (KEMUDIAN) KAMI AKAN MENGULANGINYA. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kami lah yang akan melaksanakannya. [SQS. Al-Anbiya, 21:103-104]

Dari sinyal ilmiah Al Quran di atas maka timbul kesan bahwa planet BUMI sebagai salah satu dari benda-benda langit merupakan untuk yang 'pertama' kali diciptakan Tuhan, ALLAH SWT baru kemudian banda-benda langit lainnya(?). Selanjutnya timbul lagi pertanyaan apakah planet BUMI kita terkena juga dengan dugaan istilah teori BIG BANG? Atau apakah teori big bang terjadi setelah penciptaan planet BUMI yang pertama dan kemudian baru langit yang berlapis-lapis?

APA TEORI BIG BANG?

Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar (bahasa Inggris: Big Bang) merupakan sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta (dikenal juga dengan Teori Ledakan Dahsyat atau Model Ledakan Dahsyat). *)

Manusia sejak zaman dahulu mencari tahu tentang bagaimana jagat raya ini terbentuk. Hingga saat ini ada 2 anggap teori yang selalu diperdebatkan tentang hal tersebut yaitu Big Bang dan Steady State.

Teori Big Bang

Teori Big Bang adalah upaya untuk menjelaskan apa yang terjadi pada awal alam semesta kita. Penelitian astronomi dan fisika telah menunjukkan tanpa keraguan bahwa alam semesta kita lakukan sebenarnya memiliki awal. Teori big bang adalah upaya untuk menjelaskan apa yang terjadi selama dan setelah saat "itu".

Menurut teori standar, alam semesta kita melompat menjadi ada sebagai "singularitas" sekitar 13,7 miliar tahun lalu. Apa yang dimaksud dengan "singularitas" dan darimana asalnya? Nah, jujur, kita tidak tahu pasti. Singularitas adalah zona yang menantang pemahaman kita tentang fisika. Mereka diperkirakan ada pada inti dari sebuah "lubang hitam." Lubang hitam adalah daerah tekanan gravitasi yang intens. Tekanan yang sangat kuat membuat materi masuk dalam zona kepadatan tak terbatas. (sebuah konsep matematika yang benar-benar mengejutkan pikiran). Zona kepadatan tak terbatas ini disebut "singularitas." Alam semesta kita diperkirakan telah dimulai dari objek sangat kecil, jauh panas, jauh padat, "singularitas". Mana asalnya? Kita tidak tahu. Mengapa hal itu muncul? Kita tidak tahu.

Sesaat setelah ledakan (the "Big Bang"), meluas, dingin lalu membentuk berbagai macam galaksi, planet dan benda langit lain. Hal ini terus berkembang dan dingin untuk sampai saat ini dan kita hidup di dalamnya: makhluk yang luar biasa hidup di sebuah planet yang unik, mengitari sebuah bintang yang indah berkumpul bersama-sama dengan beberapa ratus miliar bintang di galaksi melonjak di dalam makrokosmos, yang semuanya adalah dalam alam semesta yang mengembang yang dimulai sebagai singularitas sangat kecil yang muncul entah dari mana untuk alasan yang tidak diketahui. Ini adalah teori Big Bang. Pendukung teori ini adalah Hwaking, Einstein dan Lemaitre.

Teori Steady State

Teori steady - state adalah pandangan bahwa alam semesta selalu berkembang tetapi menjaga kepadatan rata-rata yang konstan, materi yang terus menerus diciptakan untuk membentuk bintang baru dan galaksi pada tingkat yang sama bahwa yang lama menjadi tidak teramati sebagai konsekuensi dari meningkatnya jarak dan kecepatan mereka resesi. Menurut teori steady-state alam semesta tidak memiliki awal atau akhir dalam waktu; rata-rata kerapatan galaksi adalah sama.

Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Sir James Jeans di sekitar tahun 1920 dan kemudian direvisi pada tahun 1948 oleh Hermann Bondi dan Thomas Emas. Ini dikembangkan lebih lanjut oleh Sir Fred Hoyle untuk menangani masalah yang timbul sehubungan dengan hipotesis big-bang. Pengamatan sejak tahun 1950 telah menghasilkan banyak bukti bertentangan dengan gambaran kondisi mapan dan mendukung model big-bang sehingga teori keadaan tetap ditolak.

https://geograph88.blogspot.co.id/2016/09/perbedaan-teori-big-bang-dan-steady.html

*) https://id.wikipedia.org/wiki/Ledakan_Dahsyat

https://geograph88.blogspot.co.id/2016/09/perbedaan-teori-big-bang-dan-steady.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar